Bakti Sosial “Go Green for a Better Life” Suzuki Two Wheels Community Indonesia

June 10th, 20113:26 pm @

0


Bakti Sosial “Go Green for a Better Life” Suzuki Two Wheels Community Indonesia

Berawal dari sebuah ide Suzuki 2 Wheels Region Bandung, Big Bro Andre Utu Tulung yang ingin membuat suatu kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan serta temu kangen dalam lingkup Suzuki 2 Wheels Community Indonesia, akan tetapi kegiatan tersebut nantinya bukan hanya sebagai ajang temu kangen dan mempererat tali silaturahmi saja, namun juga diharapkan dapat memberikan “manfaat” dan dampak positif bagi masyarakat.

Tercetuslah ide kegiatan bakti sosial bertemakan pelestarian lingkungan hidup  “Go Green For Better Life — Suzuki 2 Wheels Indonesia” yang merupakan kegiatan bakti sosial penanaman pohon dan penghijauan kembali di lereng Gunung Merapi. Bertempat di Desa Kinahrejo (Desa Alm. Mbah Maridjan) yang terletak di lereng Gunung Merapi, 30 Km sebelah barat Jogjakarta. Dan disepakati pula kegiatan bakti sosial “Go Green For Better Life” ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 Juni 2011 dan dilanjutkan dengan acara Peresmian Suzuki 2 Wheels Region Jogjakarta sebagai salah satu Region Suzuki 2 Wheels Community Indonesia. Acara yang termasuk berskala nasional ini difasilitasi oleh Suzuki 2 Wheels Region Jogjakarta dan dihadiri oleh seluruh region Suzuki 2 Wheels Indonesia yang tersebar mulai Jakarta, Banten, Bogor, Bandung, Indramayu, Surabaya dan Bali.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan bakti sosial “Go Green For Better Life” ini Suzuki 2 Wheels Community Indonesia tidak berjalan sendiri akan tetapi didukung oleh perusahaan dan komunitas yang memang memiliki komitmen terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup ;  adalah : Km 97 The Best Rest Area – Bandung, Komunitas Matahati Jakarta (Bro Denny Koi S2W-147), Aqua – Danone.

Hari Jumat, 3 Juni 2011 ditetapkan sebagai hari pertemuan seluruh region Suzuki 2 Wheels Indonesia dengan mengambil tempat disekitaran daerah Gembira Loka Jogjakarta. Satu persatu rombongan jacket oranye memasuki kota Jogjakarta dari barat, timur dan selatan menuju sekitaran Gembira Loka. Acara temu kangen pun tak terelakkan lagi, sudah lebih dari 3 tahun lamanya tidak berjumpa sejak Touring Merah Putih IV Dieng Plateau 2008. Acara temu kangen ini pun berlanjut dengan Dinner bareng di Resto “Angkringan JAC (Jogjakarta Automotive Community)” dan acara keakraban ala Suzuki 2 Wheels Indonesia.

Hari Sabtu, 4 Juni 2011 pukul 09.00 pagi ; Rombongan Suzuki 2 Wheels Indonesia bergerak menuju arah Kaliurang, melintasi satu demi satu tanjakan dan kelokan lereng Merapi. Berjalan lurus menanjak sampai pada akhirnya memasuki desa Cangkringan, nampak  area persawahan dan rumah – rumah penduduk banyak yang rusak pasca erupsi dahsyat Merapi di tahun 2010. Terlihat dari kejauhan lereng Merapi nampak gundul dan tandus, hutan – hutan banyak yang rusak dengan hamparan debu vulkanik disana sini.

Kurang lebih 1 jam perjalanan, Rombongan Suzuki 2 Wheels Indonesia memasuki Desa Kinahrejo ; Desa yang dulu dikenal sebagai Desa Wisata dengan segala keindahannya dan tokoh masyarakatnya Mbah Maridjan yang dikenal sebagai juru kunci Merapi dan ikon produk minuman berenergi. Desa Kinahrejo yang sekarang ini sudah tidak seindah dulu lagi, puing puing rumah penduduk terhampar disana sini, rusaknya fasilitas umum, jalanan desa yang terbelah, hutan pinus disekitar desa banyak yang rusak, lembah desa yang dulunya indah sekarang nampak dipenuhi oleh muntahan lahar Merapi ditambah dengan debu vulkanik yang tersebar di seluruh jalan desa. Kedatangan rombongan Suzuki 2 Wheels Indonesia disambut hangat oleh Tokoh Masyarakat Desa Kinahrejo. Dengan dibantu oleh pemuda – pemuda  setempat, kegiatan penanaman pohon ini dilakukan di daerah lereng sebelah selatan Merapi. Kegiatan penanaman pohon berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Tepat pada pukul 13.00  kegiatan penanaman pohon berakhir, dan acara dilanjutkan dengan mengunjungi bekas rumah dan makam Mbah Maridjan di Bukit Kinahrejo, dari atas Bukit Kinahrejo nampak hamparan bentang alam pegunungan Merapi yang indah.

Tidak terasa 1 jam sudah menikmati keindahan bentang alam Merapi, Rombongan Suzuki 2 Wheels Indonesia segera menuruni bukit menuju Resto Kinahrejo untuk makan siang bersama, uniknya Resto Kinahrejo ini adalah sebuah resto yang berkonsep alam dan cikal bakalnya berasal dari dapur umum masyarakat ketika terjadi  erupsi Merapi dan merupakan resto swadaya masyarakat desa Kinahrejo Merapi.

Acarapun berlanjut hingga malam hari, dan Puncak acara adalah Peresmian Suzuki 2 Wheels Region Jogjakarta sebagai salah satu Region Suzuki 2 Wheels Community Indonesia. Acara peresmian tersebut mengambil tempat di Greenz Café Jogjakarta yang merupakan Markas Suzuki 2 Wheels Region Jogjakarta Acara yang awalnya berlangsung khidmat seakan pecah ketika Ketua Region terpilih Bro Setya Widiartha (Kiwid) maju kedepan panggung untuk menerima PIN Suzuki 2 Wheels Community Indonesia yang disematkan oleh Bro Irfan (Perwakilan DPA Suzuki 2 Wheels Community Indonesia). Suasana hiruk pikuk dan canda tawa mewarnai acara Peresmian Suzuki 2 Wheels Region Jogjakarta, suasana makin hangat menjelang tengah malam ketika Homeband Greenz Café membawakan musik nan rancak.

BRAVO SUZUKI 2 WHEELS INDONESIA, KAMI BUKAN YANG TERBESAR TAPI KAMI PEDULI

DOKUMENTASI:
https://picasaweb.google.com/117746206369376235287/BaksosKinahrejoMerapi

Share