Tour D’Ijen [Revans 685 & 707]

December 5th, 20139:45 am @

3


view Kawah IJen

Setelah lama tidak ada agenda untuk melakukan perjalanan karena kesibukan dari masing-masing anggota, akhirnya kamipun diberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan bersama-sama ke Kawah Ijen. Pada kesempatan kali ini, teman-teman juga ingin menuntaskan rasa penasaran akan indahnya Kawah Ijen yang berupa danau berwarna hijau tosca yang berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah itu berdinding kaldera setinggi 300-500m, luasnya sekitar 5.466 hektar. Uniknya kawah ini terletak di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Ukuran kaldera sekitar 20 km. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera. Air kawah itu cukup tenang dan berwarna hijau kebiru-biruan.

Pemandangan di sana begitu menakjubkan di pagi hari. Air kawah yang volumenya sekitar 200 juta meter kubik dengan panas mencapai 200 derajat celcius memancarkan kemilau hijau keemasan saat sinar mentari menerpa dari balik Gunung Merapi, saudara kembar Gunung Ijen. Inilah pemandangan ganda yang indah. Kawah Ijen juga merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur yang masih menggunakan cara tradisional.

Perjalanan kali ini disepakati untuk berangkat hari sabtu tanggal 30 Nov 2013 jam 03.00 WIB dini hari dengan tikum rombongan dikediaman Bro Abim S2W-685. Setelah para peserta lengkap, maka kamipun mulai melakukan perjalanan kali ini. Pada kesempatan kali ini, rekan kita yang dari Prides Edy Doang juga ikut bergabung dengan menunggu kami di daerah Gempol Pasuruan. Rombongan mulai menyusuri dinginnya dini hari dengan kondisi jalan yang masih sepi dan didukung dengan cuaca yang cerah. 03.00 sabtu dini hari mulai meluncur dari kediaman Bro Abim via probolinggo-kraksaan-arak2 dengan jarak kurang lebih 250km menuju kawah ijen. Kondisi jalanan yang kosong mempersingkat waktu perjalanan.

Setelah menempuh track lurus yang cukup panjang dengan kecepatan rata2 80kpj, pukul 04.30 kamipun sampai dan berhenti sejenak d daerah Probolinggo untuk mendinginkan mesin + mengisi BBM sebelum melanjuntukan lagi perjalanan dengan medan tanjakan yang berkelok serta ada beberapa tikungan mati sangat nikmat nikmat sekali untuk miring2. Akhirnya pukul 07.30 rombongan mendarat di arak-arak, kamipun berhenti sejenak untuk menikmati keindahan pemandangan yang ada dibawah pegunungan, setelah dirasa puas perjalanan pun di lanjut untuk mencari sarapan terlebih dahulu di daerah bondowoso sebelum melalui medan tanjakan (lagi) dan it’s amazing…. 40km yang dahulunya jalanan makadam sudah tergantikan jalanan aspal yang sangat mulus. Hanyaa tersisa 2-3km jalan yang memang masih rusak.

Setelah melintasi beberapa kelokan2 jalan yang halus di tengah hutan serta beberapa titik bagian jalan yang masih bergerigi, sampai juga kami dipos pertama daerah kalisat. kami putuskan untuk beristirahat sejenak dengan mata yang langsung di manjakan dengan sebuah view pemandangan hamparan hijau kebun dengan langit cerah serta background gunung ijen yang terbungkus awan putih di puncaknya.

Perjalanan dilanjutkan dengan tujuan paltuding, untuk melihat view yang ada. kemudian dilanjutkan mencari penginapan di rumah penduduk sekitar dikarenakan penginapan perkebunan lagi Full dan bertepatan juga dengan adanya acara salah satu Ormas jadi gak kebagian kamar deh. Rombongan mulai membersihkan diri dan bersiap untuk istirahat sambil menunggu 2 rekan kami yang berencana berangkat sore ini dari surabaya.
tepat pada pukul 01.00 rekan kami akhirnya sampai juga dilokasi penginapan, kemudian dilanjutkan dengan istirahat setelah menembus dinginnga udara di daerah pegunungan. Keesokan harinya sekitar jam 05.00 WIB perjalanan pun dimulai kembali menuju pos pendakian paltuding yang brjarak krg lbh 5km dari penginapan. Sesampainya di pos paltuding ternyata sdh byak kendaraan offroad sewaan yang membawa turis2 asing untuk mendaki, sebelum mendaki kampi putuskan untuk ngopi2 dulu untuk menghangatkan badan.

Sebelum Menuju Puncak Kawah Ijen

Menuju puncak kawah ijen ternyata tidaklah mudah seperti yang telah di bayangkan dengan jalan tanjakan curam dan berpasir yang sedikit agak licin. tetapi pengorbanan tetaplah pengorbanan, semangat untuk terus maju pun terobati dengan view menakjubkan sepanjang perjalanan yang membuat rasa semakin penasaran. setelah kira2 setengah jam pendakian nampak lah sebuah pondok pos timbang yang mempunyaai kantin… yang menunjukkan sisa perjalanan masih 1km lagi sedikit d atas nyaa tampak juga sebuah bangunan setengah lingkaran yang di kenal sbg pos bunder, setelah melewati pos bunder, jalur perjalnan pun masih menjumpai tanjakan dengan rute berkelok yang disuguhi view lbh luas dikarenakan jalan berbatasan langsung dengan tebing dan jurangakhirnya sampai juga kami dipuncak.

Setelah puas menikmati pemandangan dipuncak, kami putuskan untuk segera turun agar tidak kemalaman waktu pulang ke surabaya. Sampai penginapan jam 11.30 lanjut kira-kira 1/2 jam istirahat dulu sebelum kembali Ke Surabaya.

Terima kasih atas doa rekan-rekan semua atas terlaksananya perjalanan kali ini dengan lancar, aman dan terkendali.

Terlalu menakjubkan untuk dilukiskan dengan gambar ataupun kata2….
Sebelum melihatnyaa secara langsung.That’s Fact….!
Kombinasi Track yang lengkap untuk Riding…

Apakah semua ini layak dilakukan?
Monggo, Toreh, Nikmati Hasil dari perjalanan ini…

Dokumentasi photo lebih banyak, bisa diakses disini

-[ ZERO ACCIDENT ]-
From Cyber To Brother
S2W 773 – Rois Leiva

Share