Report: 2nd Anniversary Gaspol (Feat. Ranu Segaran, Ranu Agung dan Bremi)

May 16th, 20101:40 am @

4


Report: 2nd Anniversary Gaspol (Feat. Ranu Segaran, Ranu Agung dan Bremi)

Prepare

Prepare

Semula acara ini diagendakan hanya untuk menghadiri acara ultah Gaspol di Paiton yang berulang-tahun pada tanggal 1 Mei 2010 (2nd anniversary) dan lebih mempererat persaudaraan antara 2 komunitas motor (S2W Surabaya dengan Gaspol Community Paiton), tapi dikarenakan para gogoners ingin jalan2 sekalian maka diputuskan untuk mampir ke beberapa tempat wisata dahulu.

Mulai berangkat pada pukul 03.00 dini hari dari Burger Kere Jl. Ketintang 155 Surabaya. Team S2W Surabaya yang terdiri dari 8 orang (Bro Cahyo, Bro Abim, Bro Gleam, Bro Thomas, Bro Mamad, Bro Wahyu Bejo, Bro Eka Rois) langsung melesat menuju arah Selatan, Porong. Agak khawatir juga sih, ketika Team S2W Surabaya melintasi jalanan Porong yang berlubang. Dikarenakan khawatir munculnya gas dari badan jalan yang berlubang. Selepas Porong, motorpun langsung diarahkan menuju Kota Pasuruan.

Istirahat untuk Sholat Shubuh

Istirahat untuk Sholat Shubuh

Melewati Kota Gempol yang mulai ramai kemacetan akibat banyak truk yang memenuhi badan jalan, sampai pada akhirnya sampai di Kota Bangil yang mulai lengang sepanjang perjalanan. Setelah kurang lebih 45 menit perjalanan akhirnya Team S2W Surabaya sampai di Gapura Kota Pasuruan.

Bro Lukman nampaknya sudah menunggu di depan Indomaret Kraton. Begitu melihat rombongan Team S2W Surabaya, Bro Lukman langsung mengikuti dan mengisi posisi andalannya sebagai sweeper di belakang. Perjalanan dilanjutkan menuju Masjid Jami’ Di Kraton untuk Sholat Shubuh dan istirahat sejenak. Setelah Sholat Subuh, perjalanan dilanjutkan menuju arah Timur dengan tujuan Kota Probolinggo untuk bertemu dengan Bro Riri Skywaver yang menunggu di Pantai Bentar – Probolinggo.

Walah, nambal ban :p

Walah, nambal ban :p

Matahari mulai beranjak dari singgasananya, ketika Team S2W Surabaya memasuki Kota Probolinggo. Terjadi sedikit trouble ketika Team S2W Surabaya masuk Kota Probolinggo, motor Bro Eka bocor dan mesti ditambal…, busyet jam 5.30 nyari tambal ban dimana..????

Setelah nyari tambal ban kesana kemari dan tanya sana-sini akhirnya ketemu juga. Setelah kurang lebih 1 jam menunggu Motor Bro Eka ditambal, perjalanan-pun dilanjutkan menuju Pantai Bentar dimana Bro Riri Skywaver sudah menunggu seorang diri di pinggir pantai. Sarapan Sarapan Sarapan….Utamakan Sarapan…!!! Segera Bro Riri Skywaver memimpn untuk mencari sarapan. Wah sarapan tambah mantep dengan menu utamanya nasi jagung. Ternyata pinter juga Bro Riri milih tempatnya….

Sarapan pagi rek :)

Sarapan pagi rek 🙂

Setelah sarapan pagi, perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Bayeman Probolinggo dengan RC Bro Riri. Kurang lebih 15 menit perjalanan, team S2W telah memasuki kecamatan Bayeman Probolinggo, tiba–tiba Bro Riri melambaikan tangan ke kanan pertanda rombongan konvoi akan berbelok ke kanan melalui pertigaan Bayeman. Memasuki jalan desa yang lenggang dengan pemandangan sawah di kaki Gunung Argopuro, ditemani belaian angin pegunungan membuat nyaman Rider Team S2W Surabaya.

Jalanan mulai menanjak, mendaki perbukitan dengan jurang dalam dikiri jalan, dibawahnya nampak aliran deras Sungai Pekalen yang terletak 25 km dari kota Probolinggo tepatnya terbentang di antara tiga kecamatan berturut-turut yaitu kecamatan Tiris, kecamatan Maron, dan kecamatan Gading. Subhanallah indah sekali pemandangannya…

Foto-foto dulu....

Foto-foto dulu....

Perjalanan dilanjutkan mendaki perbukitan lereng Gunung Argopuro… “its a long longway to Argopuro Mountain”. Beristirahat sejenak di dalam hutan sembari melepas lelah dan berfoto ria. Nampak jelas kegembiraan dalam raut muka Team S2W Surabaya, rasa lelah setelah perjalanan kurang lebih 4 jam diatas kudabesi seakan sirna tergantikan oleh canda tawa kegembiraan bersama brother brother seaspal sejalan. Kurang lebih setengah jam berisitirahat, perjalanpun dilanjutkan dengan tujuan pertama Ranu Segaran dan sungai air panas…. “Brum Brum, Lets kick your engine!!!!”

Setelah kurang lebih setengah jam perjalanan, Team S2W Surabaya memasuki daerah Ranu Segaran. Jalanan makadam serta kombinasi tanah lumpur yang licin serta track yang menurun dan curam cukup menyulitkan Team S2W Surabaya, apalagi untuk penunggang serigala dan TVS yang notabene memiliki tipe ban kering. Kemana nih Om??? Ke Danau dulu atau mandi di sungai??? Serempak menjawab, “Mandi aja dulu di sungai”….OK berangkat!! Perjalananpun dilanjutkan dengan menyusuri pinggiran Danu Ranu Segaran menanjak kearah daerah perbukitan dan hutan pinus yang lumayan lebat. Kurang lebih 5 menit perjalanan akhirnya sampai juga. Setelah menitipkan kuda besi diparkiran atas, perjalananpun dilanjutkan dengan jalan kaki.

Berendam air panas di Ranu Segaran

Berendam air panas di Ranu Segaran

Fiiiuhh… jauh sekali nih, sungainya sampai gak keliatan dari atas bukit. Team S2W Surabaya menuruni punggungan bukit dengan berjalan kaki menuju sungai air panas yang tepat dibawah kaki Gunung Lamongan. Setelah kurang lebih setengah jam, akhirnya sampai juga di sungai air panas. Waahh… pemandangan di sekitar sungai sangat indah dan alami. Air panas yang keluar dari celah bebatuan ditepi sungai dibendung dengan sedemikian rupa sehingga menyerupai kolam. Nah…ritual ngekum manuk mulai dilakukan. Main guyur – guyuran air, sampai prosesi memandikan kebo juga dilakukan. Bahkan, sampai kebo2-nya mau terseret arus sungai yang deras…wkwkwkwkw!

Ranu Segaran ..... Hening, sunyi, indah dan alami

Ranu Segaran ..... Hening, sunyi, indah dan alami

Setelah kurang lebih satu jam bermain di sungai air panas, perjalananpun dilanjutkan menuju Danau Ranu Segaran. Benar-benar indah sekali pemandangan disini, air danau nampak kehijauan memancarkan cahaya matahari. Ditemani rindangnya hutan dan pepohonan pinus di kejauhan dan dari sebelah selatan nampak hijaunya Gunung Lamongan yang berdiri gagah. Kurang lebih setengah jam bermain dan mengabadikan momen keindahan Danau Ranu Segaran, perjalananpun dilanjutkan menuju Ranu Agung. Nah, Ranu Agung ini konon posisinya lebih tinggi dibandingkan Ranu Segaran. Kalau dilihat dari peta kontur geografis-nya Ranu Agung posisinya diatas gunung dan merupakan salah satu kawah muda atau kaldera Gunung Lamongan. Untuk mencapai Ranu Agung ini diperlukan perjuangan ekstra. Dan Team S2W Surabaya akan mencobanya…..

Ranu Agung... alami, indah dan banyak bidadari :p

Ranu Agung... alami, indah dan banyak bidadari :p

Ranu Agung terletak sekitar 5 km dari Ranu Segaran tepatnya di Kecamatan Tiris. Untuk mencapai lokasinya memang cukup sulit, jalanan menuju kesana naik turun bukit dengan sebagian besar jalan tanah dan makadam. Sepeda motor hanya bisa sampai di pintu masuk Ranu Agung yaitu di sebuah Sekolah Dasar di Kecamatan Tiris. Dari Sekolah Dasar tersebut perjalanan dilanjutkan menyeberang jalan desa menuju pohon beringin besar sebagai pintu masuk Danau Ranu Agung. Perjalanan dilanjutkan menyusuri jalan setapak (jalan air) yang kalau pas hujan licinnya minta ampun. Menuruni perbukitan melewati hutan sambil mendengar kicauan burung dikejauhan. Bunyi gemericik air dibawah bukit, yang sebelumnya dikira percikan air Danau Ranu Agung ternyata setelah didekati Bukan…!!! melainkan mata air yang keluar dari celah celah bebatuan perbukitan dan tepat dibawahnya nampak para bidadari mandi di mata air tersebut. Rejeki kang, wkwkwkwk….!!!

Perjalanan menuju Ranu Agung ditempuh kurang lebih 45 menit, Alhamdulillah akhirnya sampai juga di pinggiran danau Ranu Agung. Pemandangan Danau Ranu Agung indah sekali, hamparan air berwarna hijau dikelilingi gugusan perbukitan Argopuro dan disebelah barat nampak Gunung Lamongan berdiri dengan gagahnya. Disebelah barat nampak tebing – tebing kawah yang berdiri tegak memancarkan warna tebing alami dan menimbulkan kesan mistis. Setelah kurang lebih setengah jam di Danau Ranu Agung, perjalanan dilanjutkan menuju rumah teman Bro Riri untuk sekedar istirahat dan menunaikan Sholat Dhuhur. Jam menunjukkan pukul 14.00, waktunya untuk meneruskan perjalanan menuju Bremi (Desa terakhir sebelum mendaki Gunung Argopuro).

Bersantai ria di Bremi

Bersantai ria di Bremi

Perjalanan menuju Desa Bremi ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Desa Tiris Ranu Agung, perjalanan yang menanjak dan berkelok kelok menambah sensasi petualangan diatas sepeda motor. Hamparan perkebunan kopi disepanjang jalan dan dikejauhan nampak gugusan pegunungan Argopuro yang membentang dan tertutup kabut tebal. Memasuki gapura desa Bremi, anda akan disuguhi pemandangan indah khas daerah pegunungan. Hamparan perkebunan sayur dan perkebunan kopi dikelilingi hutan pinus yang rindang. Salam khas dan keramahan penduduk asli Bremi sangat menentramkan hati. Perjalananpun dilanjutkan menuju hutan pinus dan masuk ke area Wanawisata. Begitu Team S2W Surabaya memasuki lokasi Wanawisata sejumlah pasangan muda-mudi langsung bubar jalan dan tampak merasa terganggu dengan kehadiran Team S2W Surabaya. Wkkk….bingung cari tempat mojok nih!

Beristirahat sejenak, santai dan menghirup udara bersih pegunungan sedalam dalamnya sambil tidur tiduran diatas kuda besi. Kurang lebih setengah jam bersantai ria, perut sudah mulai keroncongan. Waktunya cari makan siang di Warung Desa Khas Bremi dengan menu bakaran ikan dan sayur mayur lalapan….wuihh sedep rek!!!

Seluruh Team S2W Surabaya diperkenankan untuk ISHOMA sampai dengan pukul 17.00, setelah itu perjalanan akan dilanjutkan menuju Paiton untuk menghadiri 2nd Anniversary Gaspol Community. Sembari menunggu waktu yang cukup lama, banyak juga brother–brother S2W Surabaya yang menyempatkan diri untuk tidur kurang lebih 1 jam untuk re-charge tenaga.

Berpose bersama pada acara Gaspol

Berpose bersama pada acara Gaspol

Tepat pukul 17.00, kuda besi mulai dipacu menuju Paiton, dan kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan akhirnya Team S2W Surabaya sampai di Pom Bensin Utama Paiton. Namun diakhir perjalanan, Bro Riri pamitan tidak bisa mengantar sampai ke tempat tujuan dikarenakan putranya nelpon minta ayahnya pulang. Wkwkwk kebanyakan ditinggal touring nih kayaknya, hehehe. Team S2W Surabaya pun akhirnya berpisah dengan Bro Riri, Team S2W Surabaya berjalan ke arah timur Paiton dan Bro Riri ke arah barat menuju rumahnya di Kraksan. Perjalananpun dilanjutkan menuju perumahan YTL Paiton, setelah kurang lebih 15 menit perjalanan akhirnya Team S2W Surabaya disambut rekan-rekan Gaspol Community di gerbang perumahan. Dan langsung menuju rumah Bro Agus Hardjanto yang menjadi tempat untuk menginap.

Berenang, ngekum manuk...

Berenang, ngekum manuk...

Pukul 19.00 tepat acara 2nd anniversary Gaspol Community dimulai, dan acara berlangsung sangat khidmat dengan nuansa guyonan prengesan khas jawa timuran. Acara ini turut dihadiri oleh komunitas – komunitas motor di daerah Probolinggo Paiton. Tercatat beberapa komunitas yang hadir antara lain : S2W Region Surabaya, SMC Paiton (Stress Motor Community), PBC (Paiton Black Community), PBC (Probolinggo Bajaj Club), HTML Probolinggo (Honda Tiger Mailing List). Meriah sekali acara yang diselenggarakan oleh Gaspol, pengenalan diri dari masing masing komunitas yang diselingi dengan guyonan keakraban, karaoke dan electone, pemutaran film dokumentasi acara Gaspol, serta hadiah doorprize berupa sparepart. Makan malam yang digagaspun cukup unik, dengan nuansa kesederhanaan. Menu makanannya pun disajikan khas kuliner probolinggo, sesuai dengan salah satu misi Gaspol yang ingin memperkenalkan dan mengangkat potensi wisata daerah Probolinggo. Kemeriahan acara berakhir pada pukul 00.00 seluruh undangan pamit undur diri dan Team S2W Surabaya pamit untuk tidur. Salute untuk Gaspol…

Istirahat di Pasuruan bersama rekan2 TC Surabaya

Istirahat di Pasuruan bersama rekan2 TC Surabaya

Minggu pagi yang ceria, Team S2W Surabaya mengisi hari dengan aktivitas berenang….dan bersenda gurau di kolam renang. Tepat pukul 09.00 pagi Team S2W Surabaya pamitan pulang ke Surabaya. Dilepas oleh Bro Sofi’i dan Bro Agus Prasetya (Gaspol Community), Team S2W Surabaya melanjutkan perjalanan menuju kota Probolinggo dan dikawal oleh Bro Agus Hardjanto dengan menunggang Kaisar Harley sampai dengan masuk kota Probolinggo…mantap!!!

Memasuki kota Probolinggo rombongan Team S2W Surabaya bergabung dengan rombongan Thunder Club Surabaya yang dipimpin oleh Bro Ap Billyanto yang pulang dari acara ulang tahun TIREC dan Jambore Thunder Jawa Timur di Bondowoso. Pukul 10.30, Team S2W Surabaya memasuki kota Pasuruan, dan langsung diarahkan oleh Bro Lukman menuju daerah Panglima Sudirman (Belakang GOR Bulu Tangkis) untuk menikmati Es Oyen Pasuruan dan Es Degan. Segerrrrrrr….!!!!

Setelah kurang lebih 1 jam berisitirahat, perjalananpun dilanjutkan menuju kota Surabaya. Alhamdulillah seluruh Team S2W Surabaya tiba dengan selamat sampai tujuan di rumah masing masing.

Tak lupa Team S2W Surabaya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Bro Riri, Bro Ap Billyanto & Rekan, Bro Agus Prasetya, Bro Agus Hardjanto, Bro Syofi’i dan brothers Gaspol lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Thx Brother…Salam Saudara Seaspal & Sejalan….

DOKUMENTASI:
http://picasaweb.google.com/s2wsurabaya/EventUltahGaspol2

Share