Report: 2nd Anniversary SMC Lumajang (Feat. Ijen)

July 28th, 201011:02 am @

0


Report: 2nd Anniversary SMC Lumajang (Feat. Ijen)

Dalam rangka memenuhi undangan anniversary ke-2 dari SMC Lumajang pada tgl.10 Juli 2010 kemarin, S2W Surabaya surabaya mengirimkan beberapa anggotanya untuk datang kesana. Eh ndelalah, malah tercetus ide untuk sekalian jalan2 menikmati kawah ijen. Ya sudahlah, semuanya setuju.

Untuk memulai perjalanan, gogoners berkumpul di basecamp. Sekitar 10 orang dengan membawa 8 kendaraan, yaitu Sucahyo [651], Abimanyu [685], Gleam [707], Mamad S [710], Thomas [711], Eka [729], Farid [757] dan dua partisipan. Sebelum berangkat, semua anggota yang ikut dalam rombongan ini bersama-sama memanjatkan do’a untuk keselamatan pribadi dan rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua region.

Perjalanan dimulai tepat pada pukul 21.30 WIB. Dengan stop point di kota Bondowoso, yang kurang lebih berjarak sekitar 230KM dari Surabaya.

Kondisi jalanan agak padat karena bertepatan dengan suasana liburan panjang, setelah 2jam perjalanan rombongan telah memasuki Kota Bangil, di kota ini ada dua anggota yang sudah menunggu, kerena anggota ini berangkat terlebih dahulu. Rombongan ini berhenti sebentar untuk bergabung dengan anggota yang lain. Setelah semua siap, rombongan dilanjutkan lagi.

Guyon terus

Guyon terus

Suasana malam hari di kota Bangil mulai dipadati oleh kendaraan besar seperti Truck, dan Bus, sehingga rombongan berjalan sekitar 60-70 Km/Jam, lagipula jalanan sudah mulai bergelombang dan ada juga yang rusak, Tak lama kemudian rombongan mulai memasuki kota pasuruan, dan memutuskan berhenti di salah satu Pom bensin yang berada di kota tersebut.

Para anggota diharap untuk mengecek bensin kendaraannya masing-masing. Setelah semuanya beres, rombongan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, dikarenakan takut kalau kesiangan di jalan. Dengan segera para anggota melaju dengan cepat, hembusan angin bertiup kencang apalagi dimalam hari, cuaca ternyata bisa bersahabat.

”Semakin Malam Semakin Kantuk”, itulah kata yang tepat untuk di ucapkan. Semua anggota diharap untuk konsentrasi agar dijalan tidak terjadi trouble, kecepatan tetap dalam kondisi stabil, anggota dengan cepat memacu dapur kendaraannya. Dan waktu semakin larut, tepat pukul 01.00 WIB rombongan telah memasuki kota probolinggo, dan salah satu anggota rombongan meminta izin untuk menjemput saudaranya.

Tak lama kemudian rombongan ini berangkat lagi, karena sudah ada 2anggota yang menunggu di kota Kraksaan, yaitu Riri [755] dan Aris [756], karena kedua anggota ini berasal dari kota Kraksaan, tepat didepan Alun-alun, rombongan bertemu dengan keduanya, tak terasa malam semakin larut, cahaya-cahaya kendaraan membuat jalanan agak silau.

Sebelum sampai di kota Bondowoso, rombongan disuguhi gemerlap cahaya lampu yang dipancarkan oleh PLTU Paiton, dimana PLTU ini sebagai penyuplai kebutuhan listrik di Pulau Jawa-Bali, jalanan di sekitar PLTU sengat sepi dan gelap, sehingga para anggota diharap untuk mewaspadai kendaraan-kendaraan yang dari arah berlawanan, karena daerah ini termasuk daerah rawan kecelakaan. Tak lama kemudian rombongan telah sampai dikota Besuki, ternyata dikota ini rombongan dari SOB Bondowoso telah lama menunggu, dan bermaksud untuk menjemput dan mengantarkan sampai kota Bondowoso.

Rombongan berhenti sejenak untuk saling bersalaman, sebelum memasuki kota Bondowoso, rombongan melewati daerah perbukitan yang dikenal dengan nama ”Arak-Arak”, jalur ini memiliki banyak tanjakan dan tikungan yang agak tajam, sehingga membuat rombongan harus lebih konsentrasi di perjalanan.

Ramah tamah dengan anggota SOB

Ramah tamah dengan anggota SOB

Makan duluan ya beib...

Makan duluan ya beib...

Karena malam semakin larut dan disertai udara malam yang dingin, beberapa anggota rombongan yang merasa ngantuk dan letih digantikan dengan anggota lainnya untuk menjaga keamanan dan keselamatan rombongan. Setelah kurang lebih 30 menit, rombongan telah tiba dikota Bondowoso dimana rombongan telah disediakan tempat oleh anggota SOB untuk beristirahat.

Dengan rasa capek dan kantuk, para anggota dengan semangat melentangkan tubuhnya, untuk beristirahat dan menggapai mimpi di kota Bondowoso ini. Tak lama kemudian akhirnya datang juga, yaitu makanan. Anggota SOB sangat baik hati, mereka telah menyiapkan suguhan-suguhan kepada rombongan dari Surabaya ini. Dengan lahapnya anggota dari Surabaya mengambil makanan yang tersaji di sampingnya.

Suara adzan shubuh, sedikit demi sedikit mulai terdengar ditelinga para anggota, sehingga para anggota mencari masjid terdekat untuk melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim. Setelah sholat, anggota diharap beristirahat, karena perjalanan belum selesai, besok pagi rombongan ini berniat untuk melihat Kawah Ijen yang tidak begitu jauh dari kota Bondowoso.

Kawah ijen, salah satu kawah yang terdapat di antara Gunung Raung dan Gunung Merapi, yang mempunyai ketinggian antara 2800-3332 Meter dari permukaan laut. Yang merupakan sumber Belerang terbesar di provinsi Jawa Timur. Menurut penduduk setempat kawah ijen menjadi sumber penghasilan karena kaya akan Belerangnya. Selain terkenal dengan kawahnya, daerah pegunungan Ijen terkenal sebagai penghasil kopi, karena didaerah ini sangat cocok untuk membudidayakan tanaman kopi. Terkenal denga istilah KOPI LUWAK, dimana Kopi ini berasal dari kotoran Luwak [Hewan pemakan kopi] yang selanjutnya diproses secara baik oleh masyarakat setempat.

Ayo berangkat, atau...

Ayo berangkat, atau...

Jalanan rusak

Jalanan rusak

Tepat pukul 08.00 Rombongan telah bersiap untuk berangkat menuju Kawah Ijen. Rombongan yang berjumlah sekitar 15 Motor akhirnya keluar dari Base Camp SOB. Dan melaju menuju pegunungan ijen, untuk sampai ditempat tujuan para rombongan disuguhi pemandangan yang menarik dan suasana desa yang menawan.

Kondisi jalan mulai rusak akibat kurangnya perhatian dari pemerintah setempat, aspal yang sudah mengelupas dan bebatuan terjal terlihat berserakan, sehingga para anggota harus lebih waspada, kurang lebih berjarak sekitar 25 Km dari kecamatan terakhir, dan perjalanan ini memerlukan waktu yang cukup banyak dan stamina yang kuat.

PTPN Kalisat/Jampit

PTPN Kalisat/Jampit

Ceding

Ceding

Setelah sekian lama perjalanan memasuki pintu masuk kawasan wisata Ijen, dimana ditempat ini dijadikan tempat peristirahatan sementara untuk mengembalikan tenaga dan pikiran setelah melewati jalanan yang sudah rusak berat tadi. Rombongan beristirahat sejenak dengan saling bercengkrama antar sesama anggota. Sekitar 30 Menit, perjalanan kembali di lanjutkan, hembusan angin pegunungan dan trek yang mulus si area PTPN menjadikan perjalanan kali ini menjadi enjoy, saking enjoy-nya seakan-akan terbawa oleh situasi, dan akhirnya salah seorang anggota mengalami kecelakaan, disebabkan karena hembusan angin yang membuat dirinya mengantuk. Akhirnya salah seorang anggota yang lain membonceng anggota yang mengalami trouble ini. Dan perjalanpun dilanjutkan kembali, kurang lebih memerlukan waktu 1jam untuk mencapai tujuan lokasi yang akan di singgahi. Lagi-lagi anggota SOB telah menyediakan tempat untuk beristirahat, di lokasi ini terdapat beberapa tempat wisata, yaitu Air Terju, Goa Kapur dan pemandian air panas. Keduanya berjarak sekitar 200Meter dari tempat peristirahatan, sehingga lokasi ini bisa di tempuh dengan berjalan kaki.

Aliran sumber air panas

Aliran sumber air panas

Air terjun

Air terjun

Deburan air yang menghantam bebatuan disungai membuat suara gemuruh, arus sungai yang kencang membuat suasana semakin eksotis, setelah beberapa saat, anggota memasuki tempat dimana terdapat lokasi Air Terjun, dan tak lupa para anggota mengabadikan perjalanan dengan berfoto bersama, setelah merasa puas melihat Guyuran Air Terjun, anggota melanjutkan ke wisata berikutnya yaitu Goa Kapur, dimana Goa ini berada di bantaran sungai yang airnya mengalir deras, untuk melaluinya anggota harus melalui tangga yang dibuat oleh penduduk setempat.

Goa ini masih alami dan masih sedikit wisatawan yang menjamah, sehingga terlihat masih alami. Air resapan menetes dari Stalagtit dan Stalagmit membuat Goa ini semakin menawan, para anggota semakin puas menikmati pemandangan di sekitar Goa ini. Dan akhirnya para anggota memutuskan untuk kembali ketempat peristirahatan. Jarum jam menunjukkan pukul 14.00 WIB, dikarenakan waktu yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan ke lokasi kawah, sehingga diputuskan untuk kembali ke kota Bondowoso. Sekali lagi, jalanan yang rusak berat harus kembali dilewati. Tepat pukul 17.00 WIB rombongan telah sampai di kota Bondowoso, dan selanjutnya bersiap untuk bertolak menuju kota Lumajang.

Trek ke Goa

Trek ke Goa

pintu masuk Goa Kapur

pintu masuk Goa Kapur

Setelah membersihkan tubuh dan mengisi perut, para anggota telah bersiap menuju kota Lumajang, dari pihak SOB yang juga mendapat undangan, sehingga rombongan ini memutuskan untuk berangkat bersama-sama, pada pukul 19.30 para anggota rombongan mulai berjalan menuju kota Lumajang. Untuk perjalanan kali ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 Jam dengan kecepatan maksimal.

Sekitar 45 Menit, rombongan telah memasuki kota Jember jalanan kembali dipadati oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor, karena bertepatan dengan suasana weekend, dimana suasana ini banyak dipergunakan untuk menikmati suasana kota dimalam hari. Rombongan agak sedikit terganggu karena saking banyaknya kendaraan di kota ini. Untuk sampai di kota tujuan rombongan memerlukan waktu sekitar 45 Menit lagi. Memasuki perbatasan jalanan mulai relatif sepi, sehingga para anggota memacu kendaraanya masing-masing.

Tak lama kemudian kota lumajang telah di depan mata, rombongan berhenti di salah satu Pom Bensin yang berada di kota ini, dan menunggu jemputan dari pihak SMC Lumajang, sambil menunggu jemputan, para anggota saling bercengkrama sesama anggota yang lainnya. Beberapa saat kemudian pihak SMC Lumajang telah merapat, dan selanjutnya mengantar rombongan ke lokasi dimana acara Ulang Tahun akan diselenggarakan.

Setelah sampai lokasi, para anggota langsung disambut oleh tuan rumah yang sekaligus sebagai panita acara ini, untuk pertama kalinya acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia, kemudian dilanjutkan ucapan selamat dari komunitas dan club yang telah hadir dalam acara ini. Setelah selesai, panitia menyiapkan makanan dan minuman untuk di nikmati. Waktu semakin larut, dan acara telah selesai diawali dengan pembacaan do’a akhirnya acara ini resmi ditutup.

Ada beberapa anggota dari undangan ini yang bermalam di lokasi ini, salah satunya rombongan dari S2W Reg. Surabaya, Panitia telah menyediakan tempat untuk beristirahat kepada rombongan dari Surabaya ini. Semua anggotapun akhirnya tertidur dengan lelap, mesti harus berdesakan, antar sesame anggota.

Pagi telah tiba, dan matahari terlihat mulai menjulang ke angkasa, sebelum kembali ke Surabaya, pihak SMC Lumajang telah menyiapkan bagi rombongan. Selepas sarapan, rombongan berpamitan untuk melanjutkan perjalanan pulang. Tepat pukul 08.00 WIB perjalanan dimulai kembali, iringan motorpun mulai berjalan.

Rombongan telah meninggalkan kota lumajang, dan selanjutnya melewati kota Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Gempol, dan Sidoarjo. Dengan kecepatan sekitar 60-70 Km/Jam rombongan memacu kendaraannya, kota demi kota telah dilewati, dan akhirnya Rombongan telah memasuki kota Surabaya, dan akhirnya para anggota rombongan memisah diri untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Terima kasih kepada: Anggota Suzuki-2Wheels Reg.Surabaya, SOB [Suzuki Owner Bondowoso], [SMC Lumajang], [SMC Jember] dan juga rekan-rekan dari berbagai klub/komunitas yang tidak dapat kami sebutkan disini.

Next time, kita pasti akan berkunjung kembali untuk menebus hutang kami di kawah ijen 🙂

DOKUMENTASI:
http://picasaweb.google.com/s2wsurabaya/EvenUltahSMCLumajang2DanIjen

Share