Report: Touring Gunung Kelud

August 29th, 20094:31 am @

0


Report: Touring Gunung Kelud

Setelah direncanakan selama berbulan – bulan, akhirnya kesampaian juga deh Tour De Keludnya pada hari Sabtu – Minggu, 24 – 25 Januari 2009 kemaren. Walaupun banyak peserta yang membatalkan keikutsertaannya pada last minute, namun pada akhirnya acara Tour De Kelud ini dapat terlaksana dengan baik. Dengan mengendarai “broom pit”, Tour De Kelud ini diikuti oleh Tim dari Surabaya (Abiem, Ani, Tri, Ferry dan Pak Cahyo Kumis) dan dari Tim Kediri (Romy dan David). Tim Surabaya berangkat dengan 4 armada “Broom Pit” (Suzuki Satria FU, Yamaha Mio, Yamaha Vega & Shogun Kebo) dari Surabaya lengkap dengan perbekalannya. Sedangkan Tim Kediri berangkat dengan 2 armada “Broom Pit” (Honda Vario, Suzuki Shogun).

Ditemani hujan – badai dan buruknya cuaca sepanjang perjalanan Surabaya – Kediri…walhasil cukup melelahkan fisik peserta dari Surabaya. Berangkat dari Surabaya pukul 16.00, melalui Jalur Jombang – Pare akhirnya nyampe di Alun – Alun Kota Kediri pukul 21.00. Gilaaaaa 5 jam perjalanan Surabaya – Kediri…..Hujan yang tidak berhenti sepanjang perjalanan memperlambat laju “broom pit” kita, dan trouble ban bocor yang dialami Bro Ferry sedikit menghambat perjalanan. Dengan ditemani dinginnya malam bercampur hujan akhirnya Tim Surabaya sampai juga di kota Kediri, dan menyempatkan diri untuk mencicipi masakan kuliner khas Kediri disekitar Alun – Alun Kediri ; dan Nasi Goreng Khas Kediri menjadi pilihan utama buat Tim Surabaya buat mengisi perut. Setelah kenyang menyantap Nasi Goreng Khas Kediri, Tim Surabaya meninggalkan Kota Kediri menuju Kecamatan Ngadiluwih sekitar 10 km dari Alun – Alun Kota Kediri menuju ke arah kota Tulungagung. Setelah “berbroom pit ria” selama 15 menit, akhirnya Tim Surabaya disambut hangat Bro Romy didepan gapura desa Rembangkepuh – Ngadiluwih dengan senyuman khasnya. Tepat pukul 22.00 akhirnya Tim Surabaya nyampe di Rumah Bro Romy di Kecamatan Ngadiluwih.

Rencanaya Tim Surabaya nginep di rumah Bro Romy semalem, kemudian besok paginya baru Summit Day ke Kelud. Disambut oleh keramahan dan guyonan khas Bro Romy, Tim Surabaya hanyut dalam cangkrukan – obrolan ngalor ngidul dan prengesan sampe tengah malem.

Tanggal 25 Januari (Pagi 07.00)…Bro David dan istri dateng ke rumah Bro Romy dan ikutan gabung ke Kelud…Wow Sipp!! Sarapan dulu dengan menu Jamur (jamuan khas Bro Romy yang seorang petani Jamur) membuat kenyang perut dan siap tempur guna melanjutkan perjalanan. Menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Ngadiluwih dengan pemandangan alam yang indah mempesona membuat road trip sangat menyenangkan “ngga kerasa capeknya”. Melewati hutan pinus dengan jalan menanjak berliku melintasi areal perbukitan Kelud merupakan seni mengendarai “broom pit” yang tidak dapat ditemukan di jalanan kota Surabaya. Pukul 09.00 All Tim udah sampe di areal Puncak Kelud, dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke kawah Kelud. Mendaki jalanan aspal dengan ditemani pemandangan indah, sebelah selatan terdapat tebing Kelud yang menjulang tinggi dan sebelahnya lagi nampak berjajar deretan perbukitan yang mengitari kawah Kelud. Selepas melewati tanjakan aspal, Tim masih harus melewati Gua Kelud yang gelap gulita ; gua yang berupa lorong panjang sepanjang 100 meter menembus perut sebuah bukit yang menjulang; sebuah gua gelap dan basah yang menghubungkan Kawah kelud dengan dunia luar. Sekeluarnya dari Gua Kelud baru nampak gugusan perbukitan dan gunung anakan Kelud yang muncul dari dalam Kawah Kelud. Wow…ini adalah keajaiban dari Allah Swt…Sebuah pemandangan dan fenomena alam yang sungguh luar biasa.

Setelah puas menikmati pemandangan dan fenomena alam yang luar biasa dari Gunung Kelud dan menjajal permainan flying fox. Tepat pukul 11.30 All Team segera menuruni punggungan Gunung Kelud untuk segera kembali ke Surabaya agar tidak kehujanan lagi di jalan. Mengingat perut yang keroncongan, All Team menyempatkan makan siang di Warung Sate Bekicot Bu Sri Di Plosoklaten Kediri. Setelah ngaso sebentar dan Sholat Dhuhur dulu… Pukul 12.30 Tim berpencar, Tim Surabaya (Abiem, Ani, Tri, Ferry, Pak Kumis Cahyo) melanjutkan perjalanan ke Surabaya sedangkan Bro Romy-Istri dan Bro David-Istri kembali ke Kediri. Thank guys untuk kebersamaannya…

Syukur Alhamdulillah perjalanan Kediri – Surabaya aman dan lancar ditemani dengan cuaca yang sangat bersahabat; cerah dan terang benderang. Tim akhirnya nyampe di Surabaya 15.45 dalam keadaan sehat- selamat tanpa kurang suatu apapun. Cuman bensinnya aja yang berkurang…Hehehe

See u in the next adventure

Dokumentasi bisa dilihat disini:
http://picasaweb.google.com/s2wsurabaya/TouringGunungKeludKediri

Daftar Gogoners yang hadir:

  1. Bro Cahyo 651
  2. Bro Abim 686
  3. Sist Ani 713
Share
Label:  , , ,