Report: Touring Pantai Pasir Putih Delegan

December 10th, 20094:22 pm @

5


Report: Touring Pantai Pasir Putih Delegan

Pantai Pasir Putih Delegan …Potensi Wisata Gresik Yang Tidak Terurus…

Sempat terbayang dibenak saya tentang keindahan Pantai Pasir Putih Delegan, wisata pantai yang menyuguhkan indahnya laut dan hamparan pasir putih dengan ombak ombak kecil yang berkejaran dibibir pantai.

Pantai Delegan atau yang terkenal dengan nama WISID alias Wisata Segoro Indah Delegan ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Pantai Delegan juga bisa menjadi alternatif tujuan wisata tambahan sebelum anda berwisata ke Wisata Bahari Lamongan (WBL) atau Goa Maharani.

Pantai Delegan terletak di perbatasan antara Gresik dan Lamongan. Jarak dengan Wisata Bahari Lamongan (WBL) pun cukup dekat kurang lebih 10 km. Sesuai dengan namanya, Wisata Pantai Delegan ini menyuguhkan pemandangan khas pantai di pesisir utara Pulau Jawa.

Dengan bermodal uang Rp 2.500,- untuk tiket masuk dewasa dewasa dan Rp 1.500,- untuk tiket masuk anak-anak, pengunjung bisa menikmati pemandangan eksotis dari laut yang bewarna biru serta butiran pasir putih yang terhampar luas disepanjang bibir pantai. Bayangkan berapa banyak uang yang akan anda keluarkan jika anda memilih berlibur di Wisata Bahari Lamongan (WBL)…., sangat murah bukan?

Berangkat dari Surabaya pukul 08.00 pagi, beranggotakan 7 orang Gogonerz (Cahyo, Abiem, Damar, Ani, Thomas, Gleam, Mamad) ; Team S2W Surabaya menyusuri jalanan kota Surabaya yang padat merayap menuju arah Jalan Demak perbatasan utara kota Surabaya kemudian mengarah ke jalan propinsi menuju Kota Gresik. Berjalan melintasi area pertambakan dan area industri sesekali ditemani truk container dan truk pengangkut industri yang ramai berlalu lalang. Cuaca cukup cerah hari ini….

Kurang lebih 45 menit, Team S2W Surabaya memasuki Kota Gresik dan konvoi motor langsung diarahkan ke Jalan Nyi Ageng Pinatih untuk menyantap Nasi Krawu Buk Tiban. Kebetulan juga, belum pada sarapan hehehe… mak nyuss nikmat banget!! bagi yang belum tau Nasi Krawu “Nasi Krawu adalah sejenis Nasi pulen dengan Empal yang disuwir suwir tipis diatasnya ditambah sambal terasi, bumbu dan serundeng kelapa”,…Wuihh rasanya mantabb. Setelah puas menyantap Nasi Krawu Buk Tiban, Team S2W Surabaya rencananya mengambil jalur utara menuju Kecamatan Manyar Gresik. Bro Mamad & Bro Damar berpamitan hendak pulang ke Surabaya karena ada urusan pekerjaan mendadak yang tidak dapat ditinggalkan.

Dengan jumlah Team tersisa 5 orang (Abiem, Cahyo, Gleam, Thomas, Ani) perjalanan tetap dilanjutkan, menyusuri jalanan kota Gresik menuju arah utara (Kecamatan Manyar) yang mulai padat merayap penuh dengan kendaraan baik kendaraan roda dua, roda empat ataupun truk truk pengangkutan. Sekitar setengah jam, Team telah sampai di Kecamatan Manyar, langsung geber gas menuju arah utara Kecamatan Bungah, melewati areal perumahan penduduk, perkebunan serta areal peladangan. Sekitar kurang lebih 30 menit Team sampai di Kecamatan Sidayu, perjalananpun dilanjutkan dengan menyusuri jalanan Daendels terus mengarah ke utara menuju arah Lamongan (via Utara). Perjalanan terasa begitu menyenangkan karena selepas Kecamatan Sidayu, kita memasuki areal hutan jati yang cukup rindang dan sejuk ; menjadi good view karena pas kita lewat banyak Pohon Jati yang telah meranggas dengan daun daun yang jatuh berguguran, kesannya seperti kita melakukan touring ke eropa di musim gugur…wkwkwkwkwkkw.

Setengah jam kemudian Team sudah sampai di pertigaan Panceng, dan melihat baliho besar yang memberikan petunjuk jalan menuju arah Pantai Delegan. Team mengambil jalan kanan menyusuri jalanan desa, dengan pemandangan areal perkebunan dikanan kiri. Sekitar 5 menit kendaraan menanjak sedikit dan sampailah kita di pintu masuk Pantai Delegan.

Sesampainya di pinggir pantai, nampaklah hamparan pasir putih memanjang sepanjang bibir pantai, dengan ombak – ombak kecil berkejaran disepanjang bibir pantai. Tapi sayangnya, kok ya…masih banyak sampah sampah yang bertebaran di sekeliling pantai dan minimnya fasilitas – fasiltas tempat wisata yang ada disana, misalnya fasilitas tempat duduk untuk menikmati pemandangan pantai dan fasilitas bermain anak.

Kitapun berjalan menyusuri garis pantai menuju arah tengah laut dimana terdapat bongkahan karang besar…lumayanlah good view buat menikmati keindahan pantai, laut lepas dan pemotretan. Kitapun memanjat ke arah bongkahan karang dengan tertatih – tatih karena karangnya cukup tajam bila terkena kaki telanjang Alhamdulillah sampai juga akhirnya kita di puncak bongkahan karang tersebut dengan bersusah payah….wuihhh terasa semilir angin hangat membelai rambut dan wajah…..menikmati laut lepas dan hamparan pasir putih Pantai Delegan…akan tetapi WAKKKSSSSSS pas ngeliat kebawah ada “orang pacaran” tepat dibawah kita berdiri, didalam cerukan karang…gak takut air pasang atau jatuh nih orang….oleh Bro Thomas kejadian itu sempat diabadikan…hehehehe Thomas reseee….

Setelah puas dan capek bermain main di Pantai Delegan, monggo silahkan Mas – Mas dan Mbak – Mbak ngaso dulu sambil menikmati Es Degan seger dan makanan baker – bakaran khas ikan laut disana …terdapat warung atau rumah makan sepanjang pantai…tinggal pilih aja yang cocok. Mau mandi?? Monggo..sudah tersedia Kamar Mandi Umum, Toilet dan Musholla….dengan charge masuk Rp. 1.000,- kecuali Mushola.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 2 siang dan langit pun mulai mendung…hehehe tandanya mau hujan dan harus cepat pulang. Team S2W Surabaya pun bergegas meninggalkan Pantai Delegan dengan memacu motor menuju arah Surabaya……takut kehujanan!!

Dokumentasi bisa dilihat disini:
http://picasaweb.google.com/s2wsurabaya/TouringPantaiDelegan

Share