.: Triangle Lake :. Sebuah Pesona Keindahan Tersembunyi Kabupaten Lumajang

April 29th, 20141:59 pm @

0


Wisata Ranu Lumajang

Kota Lumajang terkenal dengan sebutan kota pisang, tapi tahukah anda bahwa Kota Lumajang atau Kabupaten Lumajang lebih tepatnya juga memiliki rangkaian danau berbentuk segitiga yang membentang luas dengan latar belakang bentang alam pegunungan nan indah. Namun keberadaan lokasi danau yang menyimpang dari jalan propinsi utama ini, membuat popularitas danau segitiga ini kurang populer di dalam peta wisata Jawa Timur.

Triangle Lake (Danau Segitiga) adalah sebuah gugusan danau yang terletak di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Klakah dan Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

Koordinat GPS menunjukkan angka (-7.57252, 113.16156) – Ranu Bedali, (-7.59851, 113.16181) – Ranu Klakah, (-7.5952, 113.1610) – RanuPakis. Dan lokasi Ke 3 Ranu ini memang terletak saling berdekatan dan membentuk sebuah segitiga.

Jarak tempuh antara ranu yang satu dengan ranu yang lain tidak lebih dari 8 Km. Ranu Bedali ke Ranu Klakah jaraknya berkisar antara 5 – 7 Km. Sedangkan, jarak tempuh Ranu Klakah ke Ranu Pakis tidak lebih dari 2 Km dan semuanya bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat bahkan bisa menjadi alternative liburan keluarga untuk kegiatan hiking.

RANU BEDALI

Ranu Bedali Dalam Panoramio

Ranu Bedali lokasinya paling dekat dengan jalur jalan raya propinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang. Selepas Pasar Ranuyoso yang terletak di Kota Kecamatan Ranuyoso, ke arah timur kurang lebih 5 Km. Disana nanti akan dijumpai penunjuk jalan berupa papan penunjuk arah menuju Ranu Bedali. Dari persimpangan jalan tersebut, lokasi Ranu Bedali diperkirakan sekitar 10 Km ke arah utara dengan kondisi jalan menanjak.

Ranu Bedali menjadi penghubung segitiga dengan kedua Ranu tersebut kawasan ini, tidak kalah menariknya karena lokasi Ranu Bedali terletak dibawah permukaan tanah seperti membentuk kubangan kawah yang besar dan luas.

Terletak di wilayah Kecamatan Ranuyoso, dan berada pada ketinggian 700 M dari permukaan laut dengan luas danau diperkirakan 25 Ha dengan kedalaman kurang lebih 30 m. Kawasan Ranu Bedali ini sangat menarik untuk tujuan wisata karena untuk menuju bibir danau, pengunjung harus melewati hutan belantara dan lereng bukit Gunung Lamongan dengan diiringi hembusan udara pegunungan yang sangat segar.

Keunikan dari Ranu Bedali ini terletak pada lokasi danaunya, dimana letak bibir danau atau permukaan airnya berada jauh di bawah permukaan tanah. Sehingga untuk mencapai tepian danau, pengunjung diharuskan menuruni jurang yang cukup dalam yang tentunya akan banyak memakan waktu dan tenaga serta memerlukan kewaspadaan dan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Namun menikmati keindahan Ranu Bedali dari atas puncak bukit adalah sebuah pilihan yang bijak, dalam menikmati utuhnya sebuah bentang alam Indah ciptaan Tuhan.

RANU KLAKAH

Ranu Klakah In Panoramio

Terletak di Desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Berjarak kurang lebih 5 – 7 Km dari Ranu Bedali, obyek wisata ini berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut, dengan luas diperkirakan sekitar 25 hektar dengan kedalaman kurang lebih kedalaman 30 m dengan latar belakang Indah bentang alam gunung Lamongan yang memiliki ketinggian 1.668 m dari permukaan laut.

Udara yang sejuk dan segar khas pegunungan diselingi dengan senandung riang burung burung kecil berdecit bersahutan menyambut kedatangan kami.

Di desa ini potensi wisata sudah digarap dengan baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa infrastruktur infrastruktur yang dibangun untuk melengkapi sarana dan prasarana pariwisata.

Pasar ikan apung, cottage wisata, persewaan perahu, sepeda air bahkan speedboat, lokasi pemancingan di tengah danau dan fasilitas fasilitas wanawisata juga banyak dibangun dikawasan wisata ini.

RANU PAKIS

Ranu Pakis Dari Puncak Bukit

Obyek wisata ini mempunyai ketinggian 600 Meter dari permukaan laut dengan luas danau diperkirakan mencapai 50 Ha dengan kedalaman air sekitar 25 m. Masih dengan latar belakang Gunung Lamongan dan nampak lebih dekat, serta kondisi alam yang masih perawan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat alam atau wisatawan yang membutuhkan refreshing total untuk tubuh dan pikiran.

Kawasan perairan Ranu Pakis ini, beberapa tahun terakhir dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk pengembangan perikanan. Terdapat puluhan kerambah ikan yang semuanya berisikan ikan nila atau mujair serta jenis ikan lainnya yang laris dipasaran.

Untuk mendukung obyek wisata ini, warga setempat juga membuka sejumlah tempat berjualan ikan tawar sejenis TPI (Tempat Pelelangan Ikan) , bahkan tidak jauh dari Ranu Pakis terdapat sebuah depot makan yang menyediakan menu ikan bakar segar yang semuanya hasil tangkapan dan ternak ikan di Ranu Pakis tersebut.

So mengunjungi Triangle Lake Kabupaten Lumajang, tentunya bisa menjadi sebuah alternative liburan yang menyenangkan bersama keluarga, teman atau komunitas.

From Cyber to Brother
S2W 685
Biems Kapiten Bajaj
 

Bonus Pic : Para Pelaku

 

Share